RENCANA
PELAKSANAAN PEMBALAJARAN
Satuan Pendidikan : SMAN 16 Surabaya
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : X /ganjil
Materi Pokok : Teks nonsastra (Artikel)
Alokasi waktu : 6JP/3PT/@45 mnt
A.
KOMPETENSI INTI
KI 1 :Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 :Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(gotongroyong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin
tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai isi keilmuan
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.1 Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan
berbahasa daerah serta melestarikan, mengembangkan budaya daerah sebagai
upaya pembinaan dan pengembangan
kebudayaan Nasional.
|
1.1.1
Berdoa sebelum dan
sesudah melakukan kegiatan
1.1.2 Memberi salam pada
saat dan akhir pelajaran
1.1.3
Berkomunikasi menggunakan bahasa daerah
|
2
|
2.1 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa
daerah untk berekspresi.
|
2.1.1 Mengerjakan tugas
tepat waktu
2.1.2 Membiasakan diri untuk menanggapi akan materi pembelajaran
2.1.3 Membiasakan diri untuk bersikap kreatif dan inovatif akan
pembelajaran.
|
3
|
3.1
Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis teks nonsastra
(berita, artikel, laporan, dan lainnya) secara lisan dan tulis.
|
3.1.1 Menjelaskan struktur artikel.
3.1.2
Menganalisis isi artikel.
3.1.3 Menjelaskan jenis artikel.
|
4.
|
4.1
Menginterpretasi, menanggapi dan mengekspresikan isi teks nonsastra secara lisan dan tulis
|
4.1.1 Meringkas artikel
4.1.2
Menanggapi
isi artikel.
4.1.3
Menulis artikel sederhana
|
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui tanya jawab diskusi dan penugasan, peserta
didik dapat menjelaskan struktur artikel, menganalisis isi artikel, menjelaskan
jenis artikel, membaca ekspresif artikel, menananggapi isi artikel, serta dapat
mebuat artikel sederhana. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir
kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4c)
D.
Materi Pembelajaran
·
Faktual
Contoh Atikel
Leluhur Kita Biyen Sehat Amarga Nganggo Jmu
Herbal
Lageyan urip alamiah kang
ngarah marang herbal, pungkasan iki saya dikaremi masyarakat. Emane durung
kabeh gagasan ngenani herbal ditindakake kanthi pener. Sasuwene iki akeh
pawongan kang nggembar-nggemborake ngenani back to nature utawa bali menyang
alam. Nanging ing pihak seje, ana uga anggepan yen dheweke sing migunakake
jamu-jamu tradisional malah dianggep kuna.
Ahli Naturoati saka Klinik
Nirmala Holistic Healt Center, dr Amarullah H Siregar ing sawijine seminar
kesehatan herbal ing Surabaya mentas iki mratelakake kaskayan herbal kanggo
kesehatan ing Indonesia nlungguhi urutn nomer loro sadonya. Nanging masyarakat
kita durung kabeh bisa mupangatake lan ngolah bahan-bahan herbal kasebut kanggo
njaga kesehatan.
Racikan herbal saka jahe
lan jinis empon-empon liyane menawa wae wis lumrah, nanging sawetara bahan
herbal liyane sing ora kalah kasiyate uga akeh. Contone, kembang rosella.
Kembang iki mupangate kanggo ngedhunake tekanan dharah tinggi utawa hipertensi
lan saguh mateni kolesterol jahat.
Amarullah ngandharake yen
ing donyaning kedhokteran saiki iki lagi usum ngenani functional medicine utawa
cara pangobatan fungsional. Sawijine pemikiran anyar ngenani kesehatan lan
penyakit kang aweh pangarep-arep kuwarasan kang ngabehi. Beda karo kedhokteran
konvensional, kedhokteran fungsional ndeleng penyakit minangka gangguan saka
keseimbangan fungsi badan. Pangobatan fungsional iki duwe karep nahan progress
penyakit lan mbalekake harmonisasi kesehatan indhividu liwat gagasan herbal.
Aktivis Yayasan Peduli Kanker Anak Indonesia (YPKAI) Surabaya, Lidya Suregar,
salah siji sing kasengsem migunakake pengobatan herbal kanggo ngawekani
penyakit kanker sing nate dirasakake.
Dheweke milih ngonsumsi
godhong suruh lan sirsak utawa moris aliyas nangka landa kanggo nyegah tuwuhe
kanker payudara sing nate dirasakake dhek sawatara taun kepungkur. Malah
penyakit sing nate dirasakake klebu nemen banget saengga kudu dioperasi.
Nanging, asil saka anggone mempeng nindakake sakehing pengobatan nganggo cara loro,
konvensional apadene fungsional pungkasane kankere waras.
Presiden Direktur PT HRL
Internasional, perusahaan agrobisnis pertanian terpadhu sing madeg ing Gresik,
Heru Prasanta Wijaya ngandharake, pihake lagi ngembangake budaya taneman
herbal, pihake temen-temen milih wiji apadene winih sing apik, malah kanggo
proses nandure uga ora migunakake pestisida kejaba mung rabuk kandhang.
Asil saka tanduran herbal
sing dikembangake iki uga ditliti banjur dilebokake menyang jurnal ilmiah
internasional supaya pakaryan intelektual iki ora diserobot bangsa liya jalaran
anane pancen mung ing Indonesia.
“Aku nindakake pnliten
ijenan ing labolatorium, udakara ana 150 tanduran herbal sing wis daktandur,
sliyane ing Pacet Mojokerto, uga ing Gresik,” Jlentrehe Heru.
Sawatara iku, Prof.
Kurniawan kang uga dhokter ahli babagan kanker duwe panemu, senajan sel kanker
bisa disuda klawan pengobatan herbal, nanging ora kabeh pasien kanker bisa
ditambani nganggo herbal kang padha. Perlu dicek lan diselarasake karo kahanane
pasien.
(PS No. 4 - 28 Januari 2017)
·
Konseptual
Artikel yaiku karangan kang isine ngenani
panemu, ide panulis, fakta kang duweni ancas kanggo menehi informasi, dhidhik,
ngelelipur utawa nyaru sawijining babagan kang pinuju sinebar liwat medhia
massa sacara online utawa offline kaya kalawarti lan ariwarti.
Artikel kadhang-kadhang nawarake sawijine
alternatif tumrap pemecahan masalah. Dene wujud tulisan artikel dumadi saka
pembuka, isi, lan dudutan.
·
Prinsip
Saliyane pangerten ngenani artikel, bakal
dijlentrehake uga ngenani jinis-jinise artikel kaya ing ngisor iki.
-
Artikel Eksploratif
-
Artikel Eksplanatif
-
Artikel Dheskriptif
-
Artikel Predhiktif
-
Artikel Preskriptif
·
Prosedural
Cara gawe artikel sederhana, diwiwiti kanthi
nentokake toopik, gawe cengkorongan artikel, lan ngembangake per-paragraf
saengga kasusun sawijining artikel.
E.
MetodePembelajaran
Metode
(Pendekatandan Model Pembelajaran)
· Pendekatan : Saintifik dan Kontekstual
·
Model : Model Pembelajaran Kooperatif
(Collaborative Learning)
Model Discovery Learning/pembelajaranlangsung
· Metode :
Ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, penugasan
F.
Media Pembelajaran
1.
Media/ Alat
-
LCD
-
Laptop
-
Majalah
2.
Bahan Ajar
-
LKS, Teks artikel
G.
Sumber Belajar
Sasangka, Sry
Satriya Tjatur Wisnu. 2011. Paramasastra Gagrag Anyar Basa Jawa. Jakarta:
Yayasan Paramalingua
Abikusno.
1996. Pepak Basa Jawa Anyar. Surabaya: Ekspress
Sasangka,
Sry Satya Tjatur Wisnu. 2005. Kamus
Jawa-Indonesia, Krama-Ngok.
Jakarta : Yayasan Paramalingua
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru memberi salam dan mengabsen
·
Guru mengondisikan siswa belajar
·
Guru melakukan apersepsi dengan mengulas materi pelajaran minggu yang lalu
melalui kegiatan bertanya jawab dan demonstrasi.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang akan dicapai
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Mengamati
Ø Peserta didik menyimak
contoh teks
artikel.
Ø Peserta didik
mencermati struktur teks artikel.
Menanya
Ø Peserta didik bertanya
jawab tentang struktur teks artikel.
Ø Peserta didik bertanya
jawab tentang unsur kebahasaan teks.
Mengumpulkan informasi
Ø Peserta didik mencari
informasi tentang struktur teks geguritan dari berbagai sumber.
|
70 mnt
|
Penutup
|
· Guru bersama peserta didik
melakukan reflexi hasil pembelajaran
· Guru memberi tugas sebagai perbaikan dan
pengayaan
·
Guru menutup pelajaran
|
10 menit
|
Pertemuan 2
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru memberi salam dan mengabsen
·
Guru
mengondisikan siswa belajar
·
Guru melakukan apersepsi dengan mengulas materi
pelajaran minggu yang lalu melalui kegiatan bertanya jawab dan demonstrasi.
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Mengamati
Ø Peserta didik
mencermati jenis-jenis artikel
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik menulis rancangan teks artikel
|
70 mnt
|
Penutup
|
· Guru
bersama peserta didik melakukan reflexi hasil pembelajaran
· Guru memberi tugas sebagai perbaikan
dan pengayaan
·
Guru menutup pelajaran
|
10 menit
|
Pertemuan 3
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru memberi salam dan mengabsen
·
Guru
mengondisikan siswa belajar
·
Guru melakukan apersepsi dengan mengulas materi
pelajaran minggu yang lalu melalui kegiatan bertanya jawab dan demonstrasi.
|
10
menit
|
Kegiatan inti
|
Mengamati
Ø Peserta didik
menyimak pembacaan teks artikel
Mengomunikasikan:
·
Ulangan
harian (membuat artikel)
|
70 mnt
|
Penutup
|
· Guru
bersama peserta didik melakukan reflexi hasil pembelajaran
· Guru memberi tugas sebagai perbaikan
dan pengayaan
·
Guru menutup pelajaran
|
10
menit
|
rii
I. Penilaian,
Pembelajaran remidi, dan pengayaan
1.
Teknik Penilaian
Pert- ke
|
Materi Pembelajaran
|
Teknik Penilaian
|
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
||
1
|
Pengertian, struktur,
jenis-jenis teks nonstra (Artikel)
|
Penugasan
|
|
2
|
Langkah-langkh menganalisis
dan membuat teks nonsastra (Artikel)
|
Penugasan
|
|
|
Ulangan Harian
|
Tes Tulis
|
|
|
Projek/Produk/Portofolio
|
|
|
-
Data Penyebaran Soal
Indikator Pencapai K3o1mpetensi
|
Ph1
|
Ph2
|
Ph
UH
|
PTS
|
PAS
|
||
TL
|
TG
|
TL
|
TG
|
||||
Pertemuan
1
Pengertian,
struktur, jenis-jenis teks nonstra (Artikel)
3.1.4 Menjelaskan struktur
artikel.
3.1.5
Menjelaskan jenis artikel.
|
|
|
|
|
|
|
|
Pertemuan
2
Langkah-langkh
menganalisis dan membuat teks nonsastra (Artikel)
4.1.2 Menganalisis artikel
4.1.4
Meringkas artikel
4.1.5
Menanggapi
isi artikel.
4.1.6
Menulis artikel sederhana
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Program remedial dan
pengayaan
a.
program remidi
No
|
Ketuntasan Klasikal
|
Bentuk Program Remidial
|
Kegiatan Program Remidial
|
1
|
> 70%
|
Pembelajaran ulang
|
·
Pembelajaran ulang
dilakukan 2 pertemuan di jam efektif dan 1 pertemuan di luar jam efektif
·
Model pembelajaran yang
dilakukan pertemuan 1 discovery pertemuan 2 inkuiri
|
2
|
45%-
70%
|
Penugasan Khusus
|
·
Pelatihan Intensif
Memberikan
pelatihan sebanyak 2 kali dengan memberikan soal yang sesuai dengan indikator
yang banyak belum tuntas.
·
Pemberian Tugas
Siswa
mengerjakan soal latihan yang dberikan guru.
·
Penilaian
Siswa
mengikuti penilaian ulang dengan teknik tes tulis sesuai indikator yang belum
tuntas.
|
3
|
10%-<45%
|
Pemanfaatan Tutor Sebaya
|
·
Materi Tugas
Memberikan
Materi tugas yang harus diselesaikan oleh siswa sesuai indikator yang belum
tuntas.
·
Penentuan Tutor Sebaya
Siswa
yang mengikuti program memilih tutor sebaya dari siswa sekelas, siswa lain
kelas, atau kakak kelas yang direkomendasikan oleh guru.
·
Kegiatan Belajar
Siswa
belajar bersama tutor sebaya dengan waktu selama 6 hari setelah program ini
didampaikan.
·
Penilaian
Siswa
mengikuti penilaian ulang dengan teknik tes tulis sesuai indikator yang belum
tuntas.
|
4
|
10%<
|
Bimbingan Khusus
|
·
Bimbingan perorangan pada
siswa yang remidi dengan soal-soal latihan yang sesuai dengan indikator yang
belum tuntas.
·
Siswa mengikuti penilaian
ulang dengan teknik tes tulis sesuai indikator yang belum tuntas pada waktu 6
hari setelah tugas diberikan
|
b.
program pengayaan
Bagi siswa yang sudah tuntas
dilakukan program pengayaan seperti berikut.
(1)
Siswa menyelesaikan tugas
berupa analisa soal pengayaan sesuai pada lampiran 1
Kriteria Penilaian Pengayaan
No
|
Nilai Yang Diperoleh Dalam UH
|
Sekor Maksimum Yang Dapat Ditambahkan
|
Nilai Akhir Maksimum
|
1
|
80-85
|
5-4
|
85-89
|
2
|
86-90
|
4-3
|
90-93
|
3
|
91-95
|
3-2
|
94-97
|
4
|
96-100
|
2-1
|
98-100
|
1.
Instrumen Penilaian
-
Instrumen Penilaian
Bacalah Teks Artikel
dibawah ini:
|
Leluhur Kita Biyen Sehat Amarga Nganggo Jmu Herbal
Lageyan urip alamiah kang
ngarah marang herbal, pungkasan iki saya dikaremi masyarakat. Emane durung
kabeh gagasan ngenani herbal ditindakake kanthi pener. Sasuwene iki akeh
pawongan kang nggembar-nggemborake ngenani back to nature utawa bali menyang
alam. Nanging ing pihak seje, ana uga anggepan yen dheweke sing migunakake
jamu-jamu tradisional malah dianggep kuna.
Ahli Naturoati saka
Klinik Nirmala Holistic Healt Center, dr Amarullah H Siregar ing sawijine
seminar kesehatan herbal ing Surabaya mentas iki mratelakake kaskayan herbal
kanggo kesehatan ing Indonesia nlungguhi urutn nomer loro sadonya. Nanging
masyarakat kita durung kabeh bisa mupangatake lan ngolah bahan-bahan herbal
kasebut kanggo njaga kesehatan.
Racikan herbal saka jahe
lan jinis empon-empon liyane menawa wae wis lumrah, nanging sawetara bahan
herbal liyane sing ora kalah kasiyate uga akeh. Contone, kembang rosella.
Kembang iki mupangate kanggo ngedhunake tekanan dharah tinggi utawa
hipertensi lan saguh mateni kolesterol jahat.
Amarullah ngandharake yen
ing donyaning kedhokteran saiki iki lagi usum ngenani functional medicine
utawa cara pangobatan fungsional. Sawijine pemikiran anyar ngenani kesehatan
lan penyakit kang aweh pangarep-arep kuwarasan kang ngabehi. Beda karo
kedhokteran konvensional, kedhokteran fungsional ndeleng penyakit minangka
gangguan saka keseimbangan fungsi badan. Pangobatan fungsional iki duwe karep
nahan progress penyakit lan mbalekake harmonisasi kesehatan indhividu liwat
gagasan herbal. Aktivis Yayasan Peduli Kanker Anak Indonesia (YPKAI)
Surabaya, Lidya Suregar, salah siji sing kasengsem migunakake pengobatan
herbal kanggo ngawekani penyakit kanker sing nate dirasakake.
Dheweke milih ngonsumsi
godhong suruh lan sirsak utawa moris aliyas nangka landa kanggo nyegah tuwuhe
kanker payudara sing nate dirasakake dhek sawatara taun kepungkur. Malah
penyakit sing nate dirasakake klebu nemen banget saengga kudu dioperasi.
Nanging, asil saka anggone mempeng nindakake sakehing pengobatan nganggo cara
loro, konvensional apadene fungsional pungkasane kankere waras.
Presiden Direktur PT HRL
Internasional, perusahaan agrobisnis pertanian terpadhu sing madeg ing
Gresik, Heru Prasanta Wijaya ngandharake, pihake lagi ngembangake budaya
taneman herbal, pihake temen-temen milih wiji apadene winih sing apik, malah
kanggo proses nandure uga ora migunakake pestisida kejaba mung rabuk
kandhang.
Asil saka tanduran herbal
sing dikembangake iki uga ditliti banjur dilebokake menyang jurnal ilmiah
internasional supaya pakaryan intelektual iki ora diserobot bangsa liya
jalaran anane pancen mung ing Indonesia.
“Aku nindakake pnliten
ijenan ing labolatorium, udakara ana 150 tanduran herbal sing wis daktandur,
sliyane ing Pacet Mojokerto, uga ing Gresik,” Jlentrehe Heru.
Sawatara iku, Prof.
Kurniawan kang uga dhokter ahli babagan kanker duwe panemu, senajan sel
kanker bisa disuda klawan pengobatan herbal, nanging ora kabeh pasien kanker
bisa ditambani nganggo herbal kang padha. Perlu dicek lan diselarasake karo
kahanane pasien.
(PS No. 4 - 28 Januari
2017)
|
Kunci Jawaban:
Teks artikel diatas merupakan jenis teks artikel
eksplanatif.
-
Rubrik Penilaian
Pengetahuan
No Soal
|
Deskripsi
|
Skor
|
Skor Maksimal
|
1.
|
Siswa
menentukan jenis artikel secara tepat sesuai isi teks
|
3
|
3
|
|
Siswa menentukan jenis artikel kurang sesuai dengan
isi teks
|
2
|
|
|
Siswa menentukan jenis artikel tidak sesuai dengan
isi teks
|
1
|
-
Rubrik Penilaian
Keterampilan
No Soal
|
Deskripsi
|
Skor
|
Skor Maksimal
|
1.
|
Siswa
menganalisis isi artikel sesuai dengan isi teks
|
3
|
3
|
|
Siswa
menganalisis isi artikel kurang sesuai dengan isi teks
|
2
|
|
|
Siswa
menganalisis isi artikel tidak sesuai dengan isi teks
|
1
|
|
2.
|
Siswa
menyusun teks artikel sederhana sesuai dengan kaidah
|
3
|
3
|
|
Siswa
menyusun teks artikel sederhana kurang sesuai dengan kaidah
|
2
|
|
|
Siswa
menyusun teks artikel sederhana tidak sesuai dengan kaidah
|
1
|
Kepala
Sekolah
Hj. RA ROOSDIANTINI, S.Pd., M.P.d.
NIP 19621008
198412 2 005
|
Guru Kelas
NAHDIYAH, S.Pd.
|
0 komentar:
Posting Komentar